Jumat, 01 Oktober 2010

Tentang Sinar Mas

Berawal ketika Eka Tjipta Widjaja memulai usahanya di tahun 1932 melalui perdagangan minyak kelapa yang hingga kini telah berkembang pesat menjadi Sinar Mas, sebuah industri nasional bergerak di bidang produksi barang serta jasa yang menjadi kebutuhan utama manusia melalui empat unit usaha inti yang dijalankan secara profesional dan independen, yaitu Sinar Mas Pulp and Paper Products, Sinar Mas Agribusiness and Food, Sinar Mas Financial Services, dan Sinar Mas Developer and Real Estate, dan secara terencana melakukan diversifikasi melalui Sinar Mas Energy & Mining serta Smart Telecom.

Kami memahami bahwa komoditas, barang serta jasa yang berkualitas dengan harga yang kompetitif hanya dapat dihasilkan secara berkelanjutan dengan berlandaskan pada harmonisasi pada aspek sosial, lingkungan serta ekonomi. Itu sebabnya selain pengembalian keuntungan yang memadai, peningkatan kualitas lingkungan serta kehidupan masyarakat mutlak adanya. Dengan sekitar 300.000 orang karyawan, melibatkan tidak kurang dari 2.000 mitra kerja yang mempekerjakan kurang lebih 500.000 karyawan di pelosok nusantara, dengan keseluruhan nilai ekspor – melalui unit usaha kertas dan bubur kertas serta agribisnis – mencapai 4,07 miliar dollar AS pada tahun 2007, kami percaya industri nasional akan menjadi penggerak utama perekonomian dan kesejahteraan nasional serta bersaing di pasar global.
Sinar Mas Pulp & Paper Products melalui PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk., PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk., PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills serta PT Lontar Papyrus Pulp and Paper Industry, memproduksi berbagai produk kertas dan turunannya untuk kemudian di ekspor ke lebih dari 65 negara di enam benua. Di Indonesia, merek dagang seperti Paperline, Bola Dunia, Specta Colour, Mirage, juga produk tissue bermerek Paseo, Nice, Livi dan Jolly, adalah hasil dari ke empat perusahaan tersebut. Sinar Mas Agribusiness and Food, melalui PT Smart Tbk. memproduksi Crude Palm Oil (CPO) dan produk turunannya seperti minyak goreng dan margarine untuk dipasarkan baik di dalam negeri maupun ke mancanegara. Produk PT Smart Tbk. untuk pasar lokal dikenal dengan merek Filma, Kunci Mas dan Palmboom.
Sementara Sinar Mas Financial Services memberikan layanan jasa keuangan bagi masyarakat, diantaranya melalui PT Bank Sinarmas, PT Asuransi Sinar Mas, PT Asuransi Jiwa Sinar Mas. Sedangkan Sinar Mas Developer and Real Estate melalui PT Duta Pertiwi Tbk. mengerjakan sejumlah proyek yang terdiri dari apartemen, hotel, perumahan, pusat perbelanjaan, perkantoran serta ruko / rukan. Duta Pertiwi dikenal dengan pusat perbelanjaan ITC yang tidak hanya tersebar di Jakarta, namun juga di beberapa kota lain di Indonesia. Kota Wisata, Legenda Wisata dan Grand Wisata merupakan contoh produk pemukiman Duta Pertiwi. Di samping Duta Pertiwi, proyek perumahan Sinar Mas lainnya berada di bawah bendera PT Bumi Serpong Damai, Tbk.
Tanggung jawab sosial perusahaan dilakukan seluruh unit usaha melalui beragam program dan inisiatif pada bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, sosial dan ekonomi yang didasari pada pemberdayaan masyarakat sekitar secara berkelanjutan berpedoman pada kaidah ISO 26000 untuk tanggung jawab sosial perusahaan, seluruhnya sejalan dengan MDGs (millenium development goals) yang dicanangkan oleh PBB. Secara bersamaan, aspek lingkungan dan ekologi senantiasa dijaga, dibenahi dan dijadikan bagian tak terpisahkan dari proses produksi, sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar